Senin, 16 Maret 2015

Tegal kota bahari

Assalamu'alaikum wr. Wb ..
Salam sejahtera J
Kali ini saya akan mengenalkan kalian semua dengan kota kelahiranku, kota Tegal.
  • Letak Geografis :
Kota Tegal berada di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah, terletak 165 km sebelah barat Kota Semarang atau 329 km sebelah timur Jakarta. terletak diantara 109°08’ - 109°10’ Bujur Timur dan 6°50’ - 6°53’ Lintang selatan, dengan wilayah seluas 39,68 Km² atau kurang lebih 3.968 Hektar. Kota Tegal berada di wilayah Pantura, dari peta orientasi Provinsi Jawa Tengah berada di Wilayah Barat, dengan bentang terjauh utara ke selatan 6,7 Km dan barat ke timur 9,7 Km. Dilihat dari letak geografis, posisi Tegal sangat strategis sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional dan regional di wilayah Pantura yaitu dari barat ke timur (Jakarta-Tegal-Semarang-Surabaya) dengan wilayah tengah dan selatan Pulai Jawaa (Jakarta-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya) dan sebaliknya. Dengan curah hujan yang sangat rendah, temperatur (suhu) rata-rata kota ini mencapai 35 derajat celcius.


  • Makanan Khas :


Tahu goreng yang di kasih tepung aci (tepung kanji) di atasnya, Kalo makan ini enaknya sama cabe rawit atau kecap rawit.


Yang ini minuman khas Tegal. Namanya Teh Poci, Teh dalam poci yang terbuat dari tanah liat. Diminumnya pakai gula batu biar tambah mantab. Biasanya orang tegal nyebutnya moci.



Yang ini martabak lebaksiu, Lebaksiu adalah satu daerah di kabupaten Tegal . Mungkin martabak lebaksiu ini egak ada bedanya sama martabak yang lain, Tapi ini emang khas kabupaten Tegal.



Yang ini namanya Olos, olos yang paling terkenal di Tegal yaitu olos jatirawa yang
bentuknya bulet bulet gitu, dalemnya isinya kol (kubis) yang extra hot alias pedes banget. Selain olos isi kubis, sekarang juga sudah banyak olos yang isinya bervariasi dari olos ayam, telur d.l.l



Ini namanya nasi lengko, Mungkin kalian pernah denger Lengko Cirebon. Tegal juga ada loh, dan isinya jauh berbeda. Kalo nasi lengko tegal itu seporsi nasi, isinya tahu, kubis ama ketimun. kadang juga dikasih tempe. Trus diatasnya disiram bumbu kacang dan taburan kerupuk . 


Ini Sate Kambing, yang ini tambahan dari kalian nih, Sate kambing khas tegal. Daging kambing yang dibakar dan disantap bersama kecap, bawang merah dan tomat. Yang bikin khas adalah jenis jenis satenya, ada BALIBUL (BAwah LIma BULan) ada juga BATIBUL (BAwah TIga BULan)


Ini Soto Talang, Yang satu ini terkenal juga, Soto Talang. Asalnya emang dari daerah Talang Kab. Tegal. Kalian bisa pilih sotonya mau pake ayam atau babad (jeroan sapi). Kalo menurut saya sih yang khas dari soto ini adalah KRIUK nya.


Ini namanya Kupat Glabed, Jadi isinya itu terdiri dari Ketupat dengan kuah kuning yang kental. kalo ini adunya sama Sate Blengong nih.



Nih... lawannya Kupat Glabed!, alias Sate Blengong. Katanya sih blengong itu persilangan dari bebek dan enthog Ada juga yang bilang Blengong itu bebek banci karena gak bisa di ternakin alias harus di kimpoisilangkan dulu.

Yang ini Ponggol Setan, Cuma namanya aja kok yang serem. Rasanya?? Patut dicoba.  Jadi ini adalah nasi dengan oseng oseng tempe yang extra pedas yang katanya pedasnya kaya setan.




Ini Kerupuk Antor, Ini juga hanya ada di Tegal , kerupuk khas tegal yang katanya sih gorengnya pakai pasir .


Kalo ini Es Sagwan, Ini es legendaris di Tegal, semua orang sana pasti tau es ini. Ini es yang resepnya turun-temurun dan cuma ada di Tegal. Oh iya nama es ini diambil dari "penemunya" Pak Sagwan. Sekarang Pak Sagwan udah meninggal dan resep rahasia es ini diturunkan ke anak-cucunya.



Ini Nasi Bogana, Ini juga khas Tegal. isinya macem macem, kayak nasi campur gitu, tapi pakainya nasi kuning. 



Ini Kacang Bogares, Ini kacang asin khas desa bogares kab. Tegal , rasanya gak ada yang ngalahin deh, cocok buat oleh oleh.



Itu beberapa makanan khas Tegal. Kalo penasaran ke Tegal aja, dijamin gak kecewa. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bobblehead Bunny

Sample Text

Text Widget

About

Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Blogger news

Blogger templates

Pages - Menu

Popular Posts